RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas : VI

Semester : 1

Sekolah : SD Negeri Jatisari

Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

I. Kompetensi Dasar

2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai usia lanjut

II. Indikator

1. Menjelaskan terjadinya perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai usia lanjut

2. Mengidentifikasi ciri-ciri tahap perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

III. Materi Pokok

Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi hingga dewasa. Selanjutnya sejak dewasa sampai lanjut usia, manusia terus mengalami perubahan. Pertumbuhan pesat dialami manusia sejak bayi hingga remaja. Pertumbuhan terjadi pada tinggi, berat dan besar tubuh.

Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang amat pesat. Saat berusia 1 bulan, bayi masih terlihat mungil dan lemah. Akan tetapi saat berusia 8 bulan, bayi menjadi bertambah besar dan lincah.

Sampai usia sekitar 5 tahun, manusia mengalami perkembangan penting dalam berbagai hal. Manusia tidak hanya mengalami pertumbuhan tubuh yang pesat saja. Pada masa itu, manusia mengalami perkembangan luar biasa untuk memaksimalkan fungsi tubuhnya. Manusia dapat berjalan, berlari, dan menggerakkan tangan dengan baik. Manusia dapat berbicara dan berkomunikasi dengan sesamanya. Kerja otaknya makin baik, sehingga dapat berpikir dan bersikap.

Saat remaja, berusia belasan tahun, manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan penting menyangkut organ reproduksi. Masa ini disebut masa pubertas atau masa akil baliq.

Setelah itu, manusia memasuki usia dewasa. Tubuh manusia dewasa telah sampai pada puncak perkembangan. Kerja otaknya berfungsi amat baik. Manusia dewasa dapat memutuskan dan melakukan pilihan terbaik dalm hidupnya.

Manusia memasuki masa usia lanjut, setelah melewati usia 50 tahun.perubahan yang terjadi sebagian besar ke arah penurunan fungsi tubuh. Gerakan manusia menjadi lebih lambat. Mereka menjadi lebih mudah lelah. Oleh karena itu orang lanjut usia perlu mendapat istirahat yang cukup utnuk menjaga kondisi tubuh.

IV. Metode dan Strategi

A. Strategi cooperative learning tipe STAD

B. Pendekatan konsep dan CTL

C. Metode :

o Ceramah

o Diskusi

o Tugas

o Observasi (pengamatan)

V. Sumber Belajar

A. Sumber

1. Sains Kelas VI, Hariyanto, Erlangga, hal 19-20

2. Sains Kelas VI, Khamim, S.Pd, Aneka Ilmu, hal 11

3. Buku IPA bagi Guru Kelas VI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi JawaTengah, 9-12

4. Hand Out Pendidikan IPA SD, …., Dr Sri Sulistyorini, M.Pd.

5. Lebih Dekat Dengan Alam 6 kelas VI, M. Sulaeman hal : 20 Setia Purna.

B. Alat / Bahan

1. Alat Peraga Gambar ( Charta ):

o bayi baru lahir

o bayi berumur 1 bulan

o anak balita

o seorang pemuda / remaja

o orang dewasa

o seorang usia lanjut

2. – 5 set kartu bergambar:

ü bayi baru lahir

ü bayi berumur 1 bulan

ü anak balita

ü seorang pemuda / remaja

ü orang dewasa

ü seorang usia lanjut

- Peluit 1 ( dari lingkungan )

C. Lembar Kerja Siswa ( LKS )

Terlampir

Persiapan :

Sebelum pembelajaran dimulai, guru perlu melakukan persiapan, yaitu mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran.

VI. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal ( 10 menit )

Guru melakukan apersepsi:

Guru menggali pengetahuan dan pengalaman siswa terkait dengan materi pembelajaran.Guru menunjukkan foto keluarga ( ada bayi, seorang ibu, anak balita, anak usia SD, bapak, kakek dan nenek). Guru sambil bertanya: ”Mana yang umurnya paling tua ? Mana yang umurnya paling muda?”

Guru menotivasi siswa:

1 2 3 4 5

6

Siswa dari tiap kelompok menentukan tempat yang agak luas untuk kegiatan. Guru membagikan kepada tiap kelompok 1 set kartu bergambar secara terbalik. Tiap kelompok diminta untuk mengurutkan secara betul gambar-gambar tersebut dari yang berusia paling muda hingga paling muda. Guru membunyikan peluit, tanda dimulai. Kelompok yang paling cepat dan benar diberikan penguatan.

B. Kegiatan Inti ( 30 menit )

Pertanyaan / rumusan masalah:

Ø Mengapa urut-urutan gambar tersebut yang betul seperti itu?

Opini Siswa:

Siswa diminta berpendapat terhadap masalah yang dihadapi. Pendapat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis. Opini tidak perlu dijawab. Untuk mengetahui benar atau salahnya jawaban siswa, maka dilakukan kegiatan.

Pembelajaran:

Kegiatan 1

Siswa dibagi dalam 5 kelompok yang dipersiapakan untuk membahas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. ( charta di pasang di depan kelas )

1) Samakah ukuran orang-orang yang terdapat pada gambar?

Bila tidak sama mana yang paling kecil dan mana yang paling besar?

Berikan alasan jawabanmu!

2) Samakah kemampuan yang dimiliki orang-orang yang terdapat pada gambar?

Bila tidak sama mana yang memiliki kemampuan paling tinggi?

Berikan alasan jawabanmu!

3) Mana diantara gambar tersebut yang memiliki ukuran tubuh kira-kira sama?

Mengapa?

4) Mana diantara gambar-gambar tersebut yang memiliki tingkat kemampuan yang kira-kira sama?

Mengapa?

Kesimpulan:

1. Urut-urutan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai usia lanjut adalah:

Bayi

Remaja

Balita

Anak-anak

Tua/Usia lanjut

Dewasa

2. Ukuran tubuh dalam pertumbuhan tidak sama. Yang pailng kecil adalah pada bayi, sedangkan yang paling besar pada masa dewasa.

3. Kemampuan yang paling tinggi adalah padamasa dewasa.

4. Pertumbuhan yang kira-kira mempunyai ukuran hampir sama adalah pada masa remaja, dewasa dan tua

5. Urutan perkembangan yang memiliki tingkat kemampuan kira-kira sama adalah masa remaja dan dewasa.

6.

Kegiatan 2

Siswa dalam kelompok mengamati ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan dari bayi sampai lanjut usia. Selanjutnya tiap kelompok mengisi tabel pengamatan.

No

Masa Perkembangan

Ciri-ciri

1

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

2

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

3

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

4

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

5

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

6

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

……………………………………………………………………

Informasi dan Diskusi:

Ø Manusia mengalami perkembangan dan pertumbuhan sejak dari bayi lahir sampai usia lanjut, seiring dengan umurnya.

Ø Perkembangan dan pertumbuhan manusia berhenti setelah manusia mencapai usia dewasa.

Ø Pada usia lanjut, tubuh dan kemampuan manusia mengalami kemunduran dan proses penuaan.

C. Penutup / Pemantapan

a. Penerapan / Aplikasi

Manusia dilahirkan kecil dan tidak memiliki banyak kemampuan, yaitu dalam bentuk bayi. Seirama dengan pertambahan umurnya, anak manusia mengalami perkembangan dan pertumbuhan sampai mencapai bentuk dewasa. Dalam proses perkembangan, anak-anak mengalami penambahan kemampuan,misalnya dari tidak mampu berbicara menjadi mampu berbicara; dari tidak mampu berjalan menjadi mampu berjalan; dan sebagainya.

Setelah dewasa, manusia secara bertahap mengalami proses kemunduran dalam proses yang disebut penuaan. Penuaan pada manusia ditandai dengan rontoknya rambut dan tanggalnya gigi, bertambahnya keriput kulit dan penimbunan lemak, dan berkurangnya masa otot. Maka sudah merupakan sunnah Allah, bahwa setiap yang lahir akan mati. Maka setiap apa yang kita lakukan semasa hidup, harus kita pertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Hal itu juga sebagai bukti Maha Besar dan Maha Kuasa Allah terhadap ciptaanya.

b. Penilaian

1. Tes Tertulis

Tugas Menyenangkan:

§ Dapat berjalan, berlari dan menggerakkan anggota tubuh

§ Mulai dapat berpikir dan bersikap

§ Telah mencapai puncak perkembangan dan pertumbuhan

§ Mengalami penurunan fungsi tubuh

§ Mengalami pertumbuhan dan perkembangan penting menyangkut organ reproduksi

§ Tubuh Kecil dan lemah, tumbuh cepat

§

Tua/Lanjut Usia*

Remaja*

Bayi*

Dewasa*

Balita*

Anak-anak*

§	Dapat berjalan, berlari dan menggerakkan anggota tubuh §	Mulai dapat berpikir dan bersikap §	Telah mencapai puncak perkembangan dan pertumbuhan §	Mengalami penurunan fungsi tubuh §	Mengalami pertumbuhan dan perkembangan penting menyangkut organ reproduksi §	Tubuh Kecil dan lemah, tumbuh cepat §

Tulislah urut-urutan perkembangan dalam kotak-kotak pada kelompok kuning. Selanjutnya hubungkan dengan garis yang menunjukkan ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan masa tersebut!

Selamat bermain!

2. Penugasan

Tugas Kelompok dirumah:

1) Kalau ada anak berusia 4 tahun belum dapat berjalan, dia termasuk mengalami gangguan perkembangan ataukah pertumbuhan? Berikan alasan jawabanmu!

2) Kalau ada anak berusia 10 tahun ukuran tubuhnya sama dengan anak berumur 4 tahun, anak tersebut mengalami gangguan perkembangan ataukah pertumbuhan? Berikan alasan jawabanmu!

3. Penilaian Pengamatan Kinerja Siswa / Psikomotor

Lembar pengamatan: Mengevaluasi keterampilan mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan dari bayi sampai usia lanjut.

Butir tes:

1) Identifikasi ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan dari masa bayi hingga usia lanjut!

Nama Siswa : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Kelompok : ……………………………………

No

Aspek Yang Diamati

Skor

1

2

3

4

1

Kemampuan mengumpulkan data, dengan mencari referensi, mengamati fakta dan mengidentifikasi ciri

2

Kemampuan mengorganisasi data ( mencatat hasil pengamatan)

3

Kemampuan menyusun kesimpulan

4

Kemampuan menyajikan argumen berdasarkan data ( argumentasi )

Skor Total

4. Pengamatan Sikap Ilmiah

Dilaksanakan pada saat pembelajaran, misalnya menilai sikap siswa pada waktu berdiskusi dan menanggapi rumusan masalah.

Nama Siswa : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Kelompok : ……………………………………

No

Komponen Sikap

Skor

1

2

3

4

1

Ketelitian

2

Hati-hati

3

Kerja sama

4

kedisiplinan

5

Aktif mengajukan pertanyaan

6

Keberanian mengemukakan pendapat

7

Kejujuran

8

Tanggung jawab

Skor Total

Rata-rata

Sluke, 1 November 2008

Guru Pembimbing Praktikan

Munawar, S.Pd. Didik Apriyadi, S.Pd

NIP 130570366 NIP 131728274

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: